Kompas.com - 05/12/2013, 10:39 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com - Serangan bom mobil terjadi di sebuah pusat perbelanjaan Jawaher di kota Kirkuk, Irak utara, Rabu (4/12/2013) sore menewaskan sedikitnya enam orang.

Bom mobil itu meledak di dekat gedung pusat perbelanjaan yang letaknya tak jauh dari markas intelijen di kota yang terpecah berdasarkan etnis itu.

Setelah bom mobil meledak, kemudian pecah baku tembak antara aparat keamanan dan kelompok militan bersenjata.

Orang-orang bersenjata, beberapa di antaranya mengenakan rompi bom bunuh diri, menyerbu mal Jawaher, menyandera pengunjung, dan naik ke atap bangunan berlantai lima itu.

Dari atap, mereka kemudian menembaki aparat keamanan yang mencoba memasuki pusat perbelanjaan itu untuk menyelamatkan sandera.

"Sedikitnya enam orang tewas dan 70 orang lainnya luka. Di antara korban tewas terdapat empat anggota aparat keamanan," kata pejabat departemen kesehatan provinsi, Sabah Mohammed Amin.

Namun, Sabah mengingatkan, jumlah korban tewas bisa saja meningkat karena setidaknya dua calon pelaku bom bunuh diri berhasil lolos dari sergapan polisi.

Aparat keamanan berhasil menyelamatkan 11 orang sandera dari dalam mal yang terdiri atas 1.000-an toko termasuk toko yang khusus menjuat pakaian dan kosmetik perempuan.

Mal Jawaher, yang sangat populer di kalangan warga kelas menengah Kirkuk, terletak di kawasan dengan penduduk mayoritas keturunan Turkmenistan. Sementara itu, kota Kirkuk dihuni tiga etnis besar yaitu Arab, Kurdi, dan Turkmenistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.