Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Tolak Sanksi Baru untuk Iran Usulan Senat

Kompas.com - 04/12/2013, 11:43 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Gedung Putih, Selasa (3/12/2013), menyatakan menentang semua upaya baru yang dilakukan sejumlah anggota senat untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran, meski sanksi itu tidak akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Sejumlah senator tengah mendiskusikan kemungkinan sanksi baru terhadap Iran yang akan diterapkan dalam enam bulan atau jika Iran melanggar kesepakatan yang diperoleh 10 hari lalu di Geneva, Swiss terkait program nuklirnya.

"Jika kami setujui sanksi itu, maka Iran dan rekan-rekan internasional kami akan menilai AS tak bisa dipercaya dalam melakukan sebuah negosiasi," kata juru bicara Gedung Putih, Jay Carney.

Pemerintah mendesak parlemen agar tidak melanjutkan ide paket sanksi baru karena akan berisiko menjuhkan Teheran dan negara-negara lain dengan Washington.

Namun, banyak anggota senat AS yang skeptis dengan kesepakatan nuklir Iran yang dicapai di Geneva, Swiss dan bersikukuh Washington harus meningkatkan tekanan terhadap Teheran dengan menambah sanksi.

Gedung Putih mengatakan masa transisi selama enam bulan tanpa sanksi baru justru memungkinkan para perunding untuk merancang sebuah kesepakatan komprehensif untuk mengakhiri sengketa selama satu dekadi terkait program nuklir Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com