Kompas.com - 03/12/2013, 18:45 WIB
EditorEgidius Patnistik
Paman yang berpengaruh dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dicopot dari jabatannya. Laporan-laporan media Korea Selatan yang mengutip Badan Intelijen Korea Selatan, NIS, menyebutkan, Chang Son Thaek dihentikan dari Wakil Ketua Dewan Militer.

Dua pembantu dekatnya dilaporkan dieksekusi karena korupsi pada akhir November.

Jika laporan tersebut benar, ini merupakan perombakan besar dalam kepemimpinan di Korea Utara sejak Kim menggantikan ayahnya, Kim Jong Il, yang meninggal tahun 2011.

NIS melakukan pengkajian berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

Wartawan BBC di Seoul, Lucy Williamson, mengatakan, laporan pencopotan Chang ini sulit dikukuhkan dan NIS sebelumnya juga pernah melakukan kesalahan.

Chang, yang menikah dengan putri Kim Jong Il, sempat dilihat oleh pengamat memiliki pengaruh politik yang kuat di belakang layar.

Dia memegang jabatan kunci di Partai Komunis serta Komisi Pertahanan Nasional, dan pengaruhnya semakin meningkat setelah Kim Jong Un berkuasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.