Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Berpengaruh Korea Utara Dicopot

Kompas.com - 03/12/2013, 18:45 WIB
Paman yang berpengaruh dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dicopot dari jabatannya. Laporan-laporan media Korea Selatan yang mengutip Badan Intelijen Korea Selatan, NIS, menyebutkan, Chang Son Thaek dihentikan dari Wakil Ketua Dewan Militer.

Dua pembantu dekatnya dilaporkan dieksekusi karena korupsi pada akhir November.

Jika laporan tersebut benar, ini merupakan perombakan besar dalam kepemimpinan di Korea Utara sejak Kim menggantikan ayahnya, Kim Jong Il, yang meninggal tahun 2011.

NIS melakukan pengkajian berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

Wartawan BBC di Seoul, Lucy Williamson, mengatakan, laporan pencopotan Chang ini sulit dikukuhkan dan NIS sebelumnya juga pernah melakukan kesalahan.

Chang, yang menikah dengan putri Kim Jong Il, sempat dilihat oleh pengamat memiliki pengaruh politik yang kuat di belakang layar.

Dia memegang jabatan kunci di Partai Komunis serta Komisi Pertahanan Nasional, dan pengaruhnya semakin meningkat setelah Kim Jong Un berkuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com