Kompas.com - 03/12/2013, 12:35 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Usai perayaan hari ulang tahun (HUT) Raja Bhumibol, tentara baru membahas ricuh politik Thailand. Perayaan HUT Raja Bhumibol jatuh pada Kamis (5/12/2013).

Adalah Panglima Angkatan Bersenjata Thailand Thanasak Patimapagorn yang mengatakan hal itu di Bangkok pada Selasa (3/12/2013), sebagaimana warta laman Bangkok Post. "Panglima akan mengundang semua pimpinan angkatan setelah perayaan HUT Raja Bhumibol untuk membicarakan solusi penyelesaian ricuh politik," kata Kepala Angkatan Udara Thailand ACM Prajin Jantong.

Prajin Jantong mengatakan kepada rakyat dan pejabat Thailand untuk menaruh rasa hormat pada nasihat Raja Bhumibol. Raja pernah mengatakan, imbuh Prajin Jantong, kalau situasi saat ini bisa menemukan jalan keluar tanpa pertumpahan darah.

Sementara itu, Kepala Angkatan Darat Thailand Jenderal Prayuth Chan-ocha mentatakan kalau para tentara hingga kini masih pengamati perkembangan politik di Thailand. "Tentara tetap menyarankan agar para pihak menyelesaikan kisruh politik di antara mereka,"kata Jenderal Prayuth.

Pada bagian selanjutnya, Kepala Kepolisian Nasional Thailand Jenderal Polisi Adul Saengsingkaew menyangkal komentar Kepala Kepolisian Metropolitan Bangkok Letnan Jenderal Polisi Kamronwit Thoopkrachang kalau para pendemo hari ini mendapat izin masuk ke Markas Besar Kepolisian Metropolitan Bangkok. "Pendemo tidak mendapat izin masuk ke Kantor Perdana Menteri, Parlemen, maupun Markas Besar Kepolisian Negara,"katanya menegaskan.

Tak hanya itu, Jenderal Adul juga menyangkal laporan kalau Letnan Jenderal Polisi Kamronwit dipindahkan tugasnya selama ini. Jenderal Adul bertanggung jawab di Pusat Administrasi Damai dan Perintah (CAPO).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.