Kompas.com - 02/12/2013, 17:50 WIB
EditorEgidius Patnistik
MAJDAL SHAMS, KOMPAS.COM - Sebuah mortir yang ditembakkan dari wilayah Suriah yang dilanda perang menerjang pinggiran kota di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, Senin (2/12), kata sejumlah saksi mata kepada kantor berita AFP.

Mortir itu mendarat di sisi barat kota Majdal Shams, sekitar 50 meter dari sebuah rumah, tetapi tidak menyebabkan korban jiwa atau kerusakan, kata mereka.

Belum ada konfirmasi dari militer Israel. Seorang juru bicara militer mengatakan, tentara sedang memeriksa insiden tersebut.

Majdal Shams merupakan kota terbesar di Dataran Tinggi Golan, dengan populasi sekitar 9.900 jiwa, yang semuanya warga Druze.

Sektor yang diduduki Israel di dataran tinggi yang strategis itu telah tegang sejak awal konflik Suriah pada 2011.

Sejauh ini, beberapa kali terjadi peluru atau mortir yang ditembakan dari Suriah jatuh di wilayah Israel. Hal itu mendorong Israel untuk sesekali membahas dengan melancarkan tembakan roket ke wilayah Suriah.

Israel, yang secara teknis masih berperang dengan Suriah, menduduki sebagian wilayah dataran tinggi yang strategis itu selama Perang Enam Hari 1967. Israel kemudian mencaplok wilayah itu. Namun tindakan Israel itu tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.