Kompas.com - 02/12/2013, 13:40 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pemerintah AS sudah mulai melengkapi kapal Cape Ray dengan peralatan yang akan digunakan untuk menghancurkan sebagian persenjataan nuklir Suriah di laut jika Washington dimintai bantuan.

Saat ini kapal MV Cape Ray, milik Badan Maritim AS, sedang dilengkapi peralatan terbaru "Field Deployable Hydrolysis System".

Peralatan ini dirancang Departemen Pertahanan untuk menetralkan komponen yang digunakan dalam persenjataan kimia. Demikian seorang pejabat Kemenhan AS yang tak ingin disebut namanya.

Sementara itu, Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), yang mengawasi penghancuran senjata kimia Suriah, pekan lalu mengatakan, AS memang menawarkan penghancuran sejumlah komponen senjata di atas kapal mereka dan kini tengah mencari sebuah pelabuhan di Laut Tengah untuk melaksanakan proses itu.

"AS berkomitmen mendukung upaya komunitas internasional menghancurkan senjata kimia Suriah dengan cara seaman, seefisien, dan seefektif mungkin," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Caitlin Hayden.

Cape Ray, kapal sepanjang 198 meter itu, dilengkapi semacam "lereng" untuk memudahkan pemuatan muatan. Kapal ini merupakan bagian dari 46 kapal milik Badan Maritim AS yang siap dikerahkan.

Paling lambat 31 Desember mendatang persenjataan kimia Suriah yang paling berbahaya sudah harus dibawa keluar negeri itu untuk dihancurkan.

Sementara sisa persenjataan kimia Suriah lainnya harus dimusnahkan seluruhnya paling lambat pada 30 Juni 2014. OPCW mengatakan, sebanyak 35 perusahaan sudah menyatakan minatnya untuk menghancurkan persenjataan kimia Suriah yang levelnya "kurang" berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters,
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.