Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Demonstran Anti-Pemerintah Dikabarkan Tewas Tertembak

Kompas.com - 01/12/2013, 03:05 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Seorang pengunjuk rasa dikabarkan tewas dan 10 lainnya terluka dalam aksi protes menentang PM Yingluck Shinawatra di ibu kota Thailand, Bangkok, Sabtu (30/11/2013).

"Seorang pemuda berusia 21 tahun tewas karena dua peluru bersarang di tubuhnya," kata seorang petugas polisi, Boonchuay Pochantong.

Sejauh ini belum dapat dipastikan siapa yang menembak pemuda itu. Juga belum diperoleh informasi apakah korban adalah pendukung atau penentang pemerintah.

Di kawasan yang sama, sejumlah saksi mata melihat kerumunan kelompok anti-pemerintah bersenjatakan tongkat dan balok kayu menyerang sebuah bus, taksi, dan dua orang pengendara sepeda motor.

Mereka yang diserang massa dituduh sebagai pendukung "Kaus Merah", sebutan untuk pendukung Yingluck dan Thaksin Shinawatra, yang berkumpul di stadion untuk mencegah upaya menjungkalkan pemerintahan.

Sementara itu, pemerintah mengerahkan 3.000 personel militer untuk menjaga keamanan Bangkok, di tengah tenggat waktu hari Minggu (1/12/2013), yang ditentukan pengunjuk rasa agar PM Yingluck Shinawatra lengser dari jabatannya.

"Mulai malam ini (Sabtu malam) para tentara akan dikerahkan untuk menjaga keamanan," kata juru bicara kepolisian nasional Piya Utayo dalam pidato yang disiarkan televisi.

Utayo menambahkan, sebanyak 2.730 personel angkatan darat, laut, dan udara juga akan bergabung dalam upaya penegakan keamanan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Sky News,
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com