Kompas.com - 29/11/2013, 20:39 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Menjelang akhir tahun seperti ini, para editor majalah ternama TIME seperti biasa akan memilih tokoh tahun ini. Nama-nama tokoh yang kemungkinan akan menjadi pilihan sudah mulai bermunculan.

Pemilihan "Tokoh Tahun Ini"—yang pada masa lalu ditempati antara lain Mahatma Gandhi hingga Hitler—memiliki versi baru di mana para pengguna internet bisa memilih tokoh yang menurut mereka paling berpengaruh.

Setelah nama kandidat dipilih, kemudian ada tahap selanjutnya di mana kandidat yang sama akan dihadapkan dengan tokoh pilihan pengguna internet.

Tahun ini, PM Turki Recep Tayyip Erdogan berhadap-hadapan dengan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi. Sementara Presiden Iran Hassan Rohani harus menghadapi PM Israel Benyamin Netanyahu.

Rohani memimpin

Rohani untuk sementara mengatasi Netanyahu dengan selisih suara yang sangat besar. Rohani mengumpulkan 77 persen suara dan Netanyahu hanya 23 persen.

Keberhasilan Rohani ini tak lepas dari pendekatan diplomatik bersejarah dengan AS yang berujung pada kesepakatan terkait program nuklir Iran.

Sementara itu, PM Turki Recep Tayyip Erdogan yang terkenal sangat "vokal" masih berimbang dengan Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi, pemimpin militer Mesir yang menggulingkan Muhammad Mursi.

Erdogan memang memimpin perolehan suara, tetapi sangat tipis dari Al-Sisi, yaitu 52 melawan 42. Sejauh ini, sudah 840.000 pengguna internet yang mengikuti voting yang akan ditutup pada 4 Desember 2013 dan hasil akhir akan dirilis pada 6 Desember 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.