Kompas.com - 29/11/2013, 17:52 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIRUT, KOMPAS.com — Sebuah laporan yang dirilis Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR), Jumat (29/11/2013), menunjukkan ratusan ribu anak-anak pengungsi Suriah kini terpaksa menjadi pekerja demi melanjutkan hidup.

Lebih dari 70.000 keluarga Suriah yang mengungsi ke Jordania dan Lebanon datang tanpa kepala keluarga atau ayah. Sementara lebih dari 3.700 pengungsi anak-anak hidup tanpa kedua orangtua mereka.

"Hingga akhir September 2013, UNHCR mendaftarkan 2.440 anak-anak yang tak didampingi orangtua di Lebanon dan 1.320 orang di Lebanon. Jumlahnya lebih dari 3.700 orang," demikian laporan UNHCR.

Bahkan, laporan itu melanjutkan, banyak anak-anak Suriah harus memerankan peran pencari nafkah untuk keluarga mereka. Anak-anak mulai usia tujuh tahun harus bekerja dengan waktu yang lama dengan penghasilan minim dengan kondisi kerja yang buruk di Jordania dan Lebanon.  
Salah satu tempat yang mempekerjakan anak-anak Suriah itu adalah toko-toko kecil di kamp pengungsi Zaatari, Jordania.

Abdullah (13) adalah salah satu contohnya. Dia selalu bangun pagi untuk membeli roti dari sesama pengungsi. Selanjutnya, dia menjual roti itu ke warga Jordania untuk makanan ternak mereka.

"Jika kami tak bekerja, bagaimana kami bisa hidup," kata Abdullah dalam sebuah video yang dirilis UNHCR.

"Saya merasa seperti seorang laki-laki karena saya bekerja. Saya menyediakan makanan untuk keluarga saya," tambah bocah itu.

Laporan UNHCR yang bertajuk "Masa Depan Suriah: Krisis Pengungsi Anak-anak" merupakan survei mendalam organisasi ini sejak konflik Suriah pecah pada 2011. UNHCR melakukan penelitian selama empat bulan terhadap para pengungsi Suriah di Jordania dan Lebanon. Pengungsi Suriah juga banyak terdapat di Irak dan Turki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.