Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Korupsi, Mantan Menteri Pertahanan Rusia Diperiksa

Kompas.com - 28/11/2013, 14:56 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Para penyidik Rusia, Kamis (28/11/2013), menimpakan dakwaan pidana terhadap mantan Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov, yang dipecat tahun lalu dalam sebuah skandal korupsi besar.

Menteri yang dulu berpengaruh itu didakwa dengan kelalaian karena memerintahkan perbaikan tempat liburan pribadi di Rusia selatan dan pembangunan jalan ke tempat itu, kata Komite Investigasi, yang memeriksa kasus-kasus kriminal besar.

Serdyukov mengatakan, ia memerintahkan pekerjaan ke tempat itu untuk membuat fasilitas rekreasi bagi Kementerian Pertahanan, kata komite itu dalam sebuah pernyataan.

Namun, jalan yang dibangun itu hanya bisa digunakan para pemilik dan pengunjung kediaman Zhitnoye, kata komite itu. Dua jenis pekerjaan itu, kata komite tersebut, menghabiskan anggaran 56 juta rubel (atau 1,6 juta dollar AS) dana publik.

Dilaporkan, tempat liburan tersebut ketika itu merupakan milik menantu Serdyukov.

Jika terbukti bersalah, mantan menteri pertahanan itu menghadapi ancaman hukuman sampai tiga bulan penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com