Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Militer Korsel Masuki Zona Pertahanan Udara China

Kompas.com - 28/11/2013, 13:11 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Militer Korea Selatan, Kamis (28/11/2013), mengatakan, salah satu pesawat terbangnya baru saja melintas di zona pertahanan udara China di Laut China Timur tanpa memberitahu Beijing.

Pesawat itu terbang pada Selasa (26/11/2013) sebagai bagian dari sebuah misi latihan pengintaian reguler di sekitar Pulau Leodo yang juga menjadi pangkal sengketa dengan Beijing.

"Kami tak memberitahu China," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Secara sepihak, China mendeklarasikan sebuah zona pertahanan udara pada akhir pekan lalu yang meliputi area luas di Laut China Selatan, termasuk Pulau Leodo dan pulau-pulau lain yang menjadi sumber sengketa Beijing dan Tokyo.

Baik Tokyo maupun Seoul menolak permintaan China yang mengharuskan semua pesawat terbang yang memasuki zona pertahanan itu memberikan rencana penerbangan dan identifikasi secara rinci.

Pada Senin lalu, dua buah pesawat pengebom B-52 milik Amerika Serikat melintasi zona pertahanan udara China tanpa ada gangguan sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com