Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Suriah Kirim Delegasi ke Geneva 2

Kompas.com - 27/11/2013, 19:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Pemerintah Suriah menyatakan akan mengirim delegasi ke konferensi damai Geneva 2 tahun depan. Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad mengatakan keikutsertaan tersebut untuk mengambil bagian dalam penuntasan krisis Suriah.


Menurut warta AP pada Rabu (27/11/2013), pihak Barat menganggap Assad tidak memunyai peranan dalam periode transisi sampai kini. Makanya, Barat pun memandang kehadiran pemerintah Suriah secara skeptis mampu mencarikan solusi bagi krisis berkepanjangan sejak 20011 silam. "Kami hadir dalam konferensi itu untuk menumpas terorisme pula," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.  

Pernyataan Suriah sejatinya menjawab pandangan Perancis dan Inggris. "Kami mengingatkan Perancis dan Inggris kalau rakyat Suriah punya hak untuk mendapatkan hak menentukan masa depan dan kepemimpinannya," katanya.

Kementerian Luar Negeri Suriah dalam pandangannya juga menekankan kalau kehadiran pemerintah Suriah di konferensi itu bukan untuk menyerahkan kekuasaan. "Kami akan membantu menyelesaikan masalah politik,"kata pernyataan itu.

PBB dalam rilis termutakhirnya mengatakan kalau jumlah korban tewas krisis Suriah sudah mencapai angka 100.000 lebih. Sementara, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon sebelumnya sudah mengatakan kalau Konferensi Geneva 2 akan berlansung pada 22 Januari 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com