Kompas.com - 27/11/2013, 04:43 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani mengatakan, Israel telah menempatkan dirinya sendiri sebagai negara terisolasi setelah ada kesepakatan internasional soal program nuklir Iran.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi negara Iran, Selasa (26/11/2013), Rohani mengatakan, beberapa negara telah berupaya mengisolasi Iran tapi justru yang terjadi adalah sebaliknya. "Sekarang, musuh kita terisolasi."

Rohani memang tak menyebutkan Israel sebagai negara yang dia maksud. Alih-alih, dia menggunakan frasa "rezim tak sah" yang umum digunakan sebagai penggambaran Israel yang terus memusuhi Iran.

Israel telah berulang kali mengkritik kesepakatan internasional soal program nuklir Iran yang dimotori kelompok P5+1, yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, China, Rusia, dan Jerman. Israel menyebut kesepakatan tersebut sebagai "kesalahan sejarah".

Melewati negosiasi selama enam bulan tiada henti, termasuk izin bagi pengawas PBB memeriksa instalasi nuklir Iran, kesepakatan dicapai Minggu (24/11/2013). Meski demikian, di dalam negerinya sendiri, Rohani masih harus berhadapan dengan kalangan yang skeptis menyikapi kesepakatan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.