Kompas.com - 26/11/2013, 23:21 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Sebuah dokumen penting dirilis Vatikan, Selasa (26/11/2013), berisi berbagai hal tentang reformasi Vatikan, nasihat untuk umat Katolik, dan soal perempuan menjadi imam.

Dalam dokumen itu juga terdapat pesan Paus Fransiskus soal hubungan antara Gereja Katolik dan komunitas berbagai agama lain di dunia.

Paus Fransiskus menilai, hubungan yang baik dengan dunia Islam sangat penting bagi Gereja Katolik, apalagi beberapa tahun belakangan gelombang imigran Muslim terus memasuki negara-negara yang secara tradisional adalah negara Kristen.

"Kami, umat Kristen harus merangkul dengan penuh kasih dan rasa hormat para imigran Muslim yang datang ke negeri kami. Dalam hal yang sama, kami juga berharap dan meminta bisa diterima dan dihormati di negara-negara dengan tradisi Islam," kata Paus.

"Dengan rendah hati saya memohon dengan sangat agar negeri-negeri Islam juga menjamin kebebasan umat Kristen menjalankan kepercayaannya, sama halnya dengan kebebasan yang dirasakan umat Muslim di negara-negara Barat," tambah Paus.

Dalam dokumen itu terdapat juga anjuran Paus kepada para imam Katolik tentang bagaimana memberikan khotbah yang lebih baik dan seruan agar para imam berusaha lebih dekat lagi dengan umatnya.

"Pintu gereja harus selalu terbuka. Sehingga jika seseorang, digerakkan oleh Roh Kudus, datang mencari Tuhan, maka dia tidak akan menemukan pintu yang tertutup," Paus menegaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.