Kompas.com - 26/11/2013, 19:26 WIB
EditorErvan Hardoko
JEDDAH, KOMPAS.com — Pemerintah kota Jeddah, Arab Saudi, merazia dan menangkap 10.500 pengemis dalam kurun waktu satu tahun. Menurut Biro Anti-Pengemis Jeddah, hanya 42 pengemis yang berkewarganegaraan Arab Saudi.

Semua pengemis warga negara asing itu kini ditangani polisi dan pihak Imigrasi. Sementara pengemis yang berkewarganegaraan Saudi harus menandatangani surat perjanjian untuk tidak mengemis lagi setelah dibebaskan.

"Mereka yang benar-benar miskin kami salurkan ke badan-badan sosial, departemen tenaga kerja, dan organisasi amal untuk mendapatkan bantuan," ujar seorang pejabat seperti dikutip situs berita lokal Sabq, Selasa (26/11/2013).

Sebagian besar pengemis itu ditangkap di berbagai lokasi di dekat tempat-tempat publik, seperti masjid, lapangan, pusat perbelanjaan, dan di persimpangan jalan.

Pemerintah Saudi sudah sejak lama kesulitan menghadapi para pengemis itu dan sudah merencanakan untuk memberantas fenomena ini.

Bulan lalu, polisi kota Kharj, 80 kilometer sebelah selatan ibu kota Riyadh, menangkap seorang pemuda yang menyamar menjadi perempuan lalu mengemis di perempatan jalan.

Polisi yang curiga dengan gerak-gerik "perempuan" itu kemudian memeriksa identitasnya dan menemukan bahwa pengemis itu adalah seorang pria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gulf News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.