Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Perempuan Suriah Diperkosa Selama Konflik

Kompas.com - 26/11/2013, 18:37 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sekitar 6.000 orang perempuan di Suriah diperkosa sejak pecah konflik di negara tersebut pada Maret 2011. Data ini diungkap organisasi HAM, Euro Mediterranean Human Rights Network (EMHRN).

EMHRN memaparkan makin banyak perempuan Suriah yang menjadi sasaran serangan seksual dan penyiksaan, baik oleh tentara pemerintah maupun kelompok-kelompok bersenjata.

Juru Bicara EMHRN mengatakan, para korban sering secara sengaja dikucilkan dan situasi ini memaksa mereka untuk meninggalkan rumah mereka. Selain itu, perempuan menjadi sasaran penembak jitu dan dipakai sebagai tameng hidup bersama anak-anak.

"Mereka sengaja dijadikan sasaran karena posisi mereka yang rentan dan karena berhubungan dengan tentara pemerintah atau dengan anggota oposisi," kata Hayet Zeghiche, Juru Bicara EMHRN kepada BBC.

Laporan EMHRN disusun pada beberapa bulan pertama tahun 2013 dengan mewawancarai para korban dan petugas medis.

Lebih dari 100.000 orang diperkirakan tewas dalam konflik di Suriah, sementara jumlah pengungsi telah menembus dua juta menurut data PBB.

Pada hari Senin (25/11/2013), Sekjen PBB mengumumkan akan ada putaran baru perundingan damai Suriah di Geneva pada 22 Januari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com