Kompas.com - 26/11/2013, 15:35 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus untuk pertama kalinya melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam pertemuan di Vatikan itu, keduanya membahas berbagai hal terutama masalah Timur Tengah dan berbagai problem yang dihadapi umat Kristiani.

Namun, dalam pembicaraan selama 35 menit itu, keduanya tidak membahas atau menyentuh masalah ketegangan hubungan antara Vatikan dan Gereja Orthodox.

Presiden Putin, yang pernah bertemu dengan Paus Benediktus dan Paus Yohanes Paulus II, terlambat tiba di Vatikan hingga selama 45 menit karena masalah transportasi.

Hubungan antara Gereja Katolik dan Rusia sudah lama kurang mesra karena Rusia, yang mayoritas penduduknya memeluk Kristen Orthodox, menuduh Vatikan berupaya untuk merebut umat Orthodox. Tuduhan ini dibantah Vatikan.

Dalam pertemuan itu, Presiden Putin menyampaikan salam dari pemimpin Gereja Orthodox Rusia, Patriarch Kirill untuk Paus Fransiskus.

"Namun, mereka tidak membicarakan masalah gereja," ujar juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

"Tak disinggung juga soal kemungkinan Paus Fransiskus mengunjungi Rusia," tambah Lombardi.

Sejak memulai masa jabatan enam tahunnya yang baru pada Mei 2012, Putin merangkul Gereja Othodox sebagai sebuah otorita moral dan terkait pengaruhnya sebagai sumber dukungan politik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.