Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Sediakan Layanan Telepon Khusus Warga Lansia

Kompas.com - 26/11/2013, 15:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah layanan telepon khusus (hotline) bebas bea selama 24 jam dibuka di Inggris untuk mengurangi rasa kesepian para warga lanjut usia di negara itu.

Layanan yang disebut 'The Silver Line' ini didirikan penyiar BBC, Esther Rantzen dan bertujuan memerangi kesepian warga berusia di atas 65 tahun dengan menawarkan persahabatan, informasi dan saran melalui panggilan telepon kepada relawan terlatih.

Rantzen mengatakan bahwa ia berharap para lansia bisa mengingat nomor telepon 0800 4 70 80 90 kapan pun mereka butuh persahabatan maupun saran.

"Kami akan memberikan mereka tempat dalam pelayanan masyarakat, dan dengan menunjukkan bahwa kita menghargai mereka ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri mereka," kata Rantzen.

"Sangat tragis bahwa para lansia ini merasa direndahkan dan terisolasi dan merasa bahwa mereka bukan lagi bagian dari manusia," dia menambahkan.

Layanan telepon ini didanai sebesar £5 juta oleh Big Lottery Fund.

Kerusakan mental

Relawan yang menjawab panggilan ini akan didorong untuk bersahabat dengan mereka selama berbulan-bulan.

Menteri Perawatan dan Dukungan Inggris, Norman Lamb mengatakan: "Dalam kehidupan yang sibuk, kita terlalu mudah melupakan ribuan orang tua yang sering melewati hari-harinya tanpa melihat atau berbicara dengan siapa pun, atau mengandalkan televisi sebagai teman.

"Layanan ini akan membantu menyediakan persahabatan dan dukungan yang layak mereka dapatkan dalam masa tua mereka."

Baru-baru ini Menteri Kesehatan Jeremy Hunt mengatakan sebanyak 800.000 orang di Inggris  hidup dalam "kesepian kronis."

Departemen Kesehatan Inggris mengatakan bahwa kesepian menyebabkan kerusakan fisik dan mental yang serius. Sementara setengah orang berusia lebih dari 75 tahun hidup sendirian.

Selama tahap uji coba awal di Inggris bagian timur laut dan barat laut, Isle of Man dan Jersey, layanan ini telah menjawab panggilan dari 7.000 orang tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com