Kompas.com - 25/11/2013, 07:43 WIB
EditorEgidius Patnistik
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan kesepakatan tentang program nuklir Iran merupakan "kesalahan bersejarah".

Iran sepakat untuk menghentikan sebagian kegiatan pengayaan uranium selama enam bulan, sebagai bagian dari kesepakatan nuklir dengan enam negara besar di Jenewa, Swiss yang dicapai Minggu (24/11). Kesepakatan itu diraih dengan imbalan dilonggarkannya sanksi senilai 7 miliar dollar AS.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut kesepakatan yang ia sebut mencakup "pembatasan yang akan mencegah Iran membangun senjata nuklir."

Iran juga sepakat memberikan akses lebih banyak kepada para pengawas nuklir.

Namun dalam jumpa pers, PM Netanyahu mengatakan Israel tidak akan terikat dengan kesepakatan seperti itu.

Pertemuan rahasia AS, Iran

"Kami tidak bisa dan tidak akan membiarkan satu rezim yang menyerukan penghancuran Israel untuk mendapatkan langkah mencapai tujuan ini," kata Netanyahu kepada para kabinetnya. "Israel memiliki banyak rekan dan sekutu namun saat mereka salah, merupakan tugas saya untuk berbicara," tambahnya.

Komentar Israel itu muncul setelah terungkap bahwa Amerika dan Iran melakukan serangkaian pertemuan langsung dalam bulan-bulan terakhir ini yang memungkinkan tercapainya kesepakatan. Namun pertemuan itu dirahasiakan dari negara-negara sekutu Amerika.

Paling tidak lima pertemuan termasuk yang melibatkan wakil menteri luar negeri William Burns, penasehat luar negeri Wakil Presiden Joe Biden, Jake Sullivan serta para pejabat Iran dilakukan sejak Maret lalu di tempat yang dirahasiakan termasuk di Oman, menurut kantor berita Associated Press.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.