Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan Nuklir Iran Dikabarkan Sudah Capai Kesepakatan

Kompas.com - 24/11/2013, 09:41 WIB
GENEVA, KOMPAS.com - Iran dan enam negara utama dunia dikabarkan telah mencapai kesepakatan terkait program nuklir Iran dalam perundingan di Geneva, Swiss, Sabtu (23/11/2013) malam waktu setempat.

"Kami sudah mencapai kesepakatan," kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif lewat akun Twitter-nya.

Pernyataan Javad Zarid itu dibenarkan Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius. Namun, sejauh ini belum diketahui rincian kesepakatan yang telah dicapai itu.

Sebelum kabar soal kesepakatan itu diperoleh, Iran masih bersikukuh bahwa mereka tidak bisa menerima segala bentuk kesepakatan jika hak negeri itu untuk melakukan pengayaan uranium tidak diakui.

Tuntutan Iran itu, tentu saja tidak dikabulkan Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Eropanya.

"Dalam 10 tahun terakhir, Iran bertahan melawan tekanan politik dan ekonomi serta berbagai sanksi yang ditujukan agar kami menghentikan program pengayaan nuklir," kata deputi menlu Iran, Abbas Araqchi.

"Sehingga semua kesepakatan tanpa mengakui hak Iran untuk melakukan pengayaan uranium, secara praktis dan verbal, tak bisa kami terima," tambah Araqchi yang juga adalah ketua tim negosiasi Iran.

Saat itu, Araqchi menambahkan, secara umum pembicaraan dengan Inggris, China, Perancis, Jerman, Rusia, dan Amerika Serikat ini sudah mencapai kemajuan hingga 98 persen. "Hanya di sejumlah hal persetujuan belum dicapai," kata Araqchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com