Kompas.com - 24/11/2013, 09:41 WIB
EditorErvan Hardoko
GENEVA, KOMPAS.com - Iran dan enam negara utama dunia dikabarkan telah mencapai kesepakatan terkait program nuklir Iran dalam perundingan di Geneva, Swiss, Sabtu (23/11/2013) malam waktu setempat.

"Kami sudah mencapai kesepakatan," kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif lewat akun Twitter-nya.

Pernyataan Javad Zarid itu dibenarkan Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius. Namun, sejauh ini belum diketahui rincian kesepakatan yang telah dicapai itu.

Sebelum kabar soal kesepakatan itu diperoleh, Iran masih bersikukuh bahwa mereka tidak bisa menerima segala bentuk kesepakatan jika hak negeri itu untuk melakukan pengayaan uranium tidak diakui.

Tuntutan Iran itu, tentu saja tidak dikabulkan Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Eropanya.

"Dalam 10 tahun terakhir, Iran bertahan melawan tekanan politik dan ekonomi serta berbagai sanksi yang ditujukan agar kami menghentikan program pengayaan nuklir," kata deputi menlu Iran, Abbas Araqchi.

"Sehingga semua kesepakatan tanpa mengakui hak Iran untuk melakukan pengayaan uranium, secara praktis dan verbal, tak bisa kami terima," tambah Araqchi yang juga adalah ketua tim negosiasi Iran.

Saat itu, Araqchi menambahkan, secara umum pembicaraan dengan Inggris, China, Perancis, Jerman, Rusia, dan Amerika Serikat ini sudah mencapai kemajuan hingga 98 persen. "Hanya di sejumlah hal persetujuan belum dicapai," kata Araqchi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.