Kompas.com - 24/11/2013, 02:03 WIB
EditorErvan Hardoko
GENEVA, KOMPAS.com - Arah negosiasi antara negara-negara kekuatan utama dunia dan Iran terkait program nuklir negeri itu semakin tak menentu. Setelah pada Sabtu (23/11/2013), Menlu AS John Kerry akan meninggalkan Swiss dan ketua negosiator Iran juga mengungkapkan keraguannya.

"Negosiasi yang intens dan sulit terus berlangsung dan tidak jelas apakah kami bisa mencapai kesepakatan (Sabtu) malam ini," kata ketua tim negosiator Iran, Abbas Araqchi.

"Perselisihannya kini menyangkut pemilihan kata-kata," tambah Araqchi seperti dikutip kantor berita Fars.

Pembicaraan ini ditujukan untuk menyelesaikan kesepakatan soal pembekuan sebagian program nuklir Iran, demi meringankan kekhawatiran dunia terkait ambisi Teheran mengembangkan senjata nuklir.

Sebenarnya, kedatangan para menteri luar negeri seperti John Kerry ke Geneva sempat memunculkan harapan, setelah tiga hari negosiasi sebuah kesepakatan sudah di depan mata.

Namun, sejak kedatangan para menteri luar negeri itu, para perunding dari kedua pihak justru mengindikasikan masiih terdapat sejumlah perbedaan yang harus dijembatani.

"Kini kami memasuki tahapan yang sulit," kata Menlu Iran Mohammad Javad Zarif sambil menambahkan Iran tak akan tunduk pada "tuntutan yang berlebihan".

"Dalam setiap kesepakatan, pengayaan uranium Iran tidak boleh ditunda," ujar Zarif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.