Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mesir Usir Duta Besar Turki

Kompas.com - 23/11/2013, 23:57 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Hubungan diplomatik Mesir dan Turki memburuk, ketika pada Sabtu (23/11/2013), pemerintah Mesir mengusir duta besar Turki di Kairo.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan Kairo memberi statu persona non grata kepada dubes Turki dan memerintahkan dia meninggalkan Mesir sesegera mungkin karena Ankara terus menerus ikut campur dalam urusan dalam negeri Mesir.

"Mesir sudah memanggil pulang duta besar di Turki," kata sang juru bicara.

Dalam pernyataannya, dia menuding Ankara mendukung sejumlah organisasi yang menyebarkan instabilitas. Secara tak langsung, juru bicara Kemenlu merujuk pada Ikhwanul Muslimin.

Selama ini, Turki terus mendukung Muhammad Mursi dan Ikhwanul Muslimin serta menolak mengakui pemerintah baru Mesir.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan bahkan secara terbuka mengkritik cara militer Mesir meraih kekuasaan dan menggulingkan Muhammad Mursi pada Juli lalu.

Sebagai balasan atas langkah Mesir, Turki juga menyatakan dubes Mesir persona non grata dan menurunkan level hubungan diplomatik ke tingkat kuasa usaha.

"Kemenlu Mesir sudah memanggil kuasa usaha Mesir untuk mengabarkan soal penurunan level hubungan diplomatik dan dubes Mesir Abdrerrahman Salah El-Din dideklarasikan persona non grata sejalan dengan prinsip hubungan internasional," demikian kementerian luar negeri Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com