Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang "Subway" Ditembak karena Persoalan Rasial

Kompas.com - 23/11/2013, 20:21 WIB
MOSKWA, KOMPAS.COM - Sebuah kamera keamanan merekam penembakan yang diduga terkait dengan persoalan rasial di metro Moskwa ketika dua pria bersenjata pistol menyerang seorang penumpang berkulit gelap.

Dua pria penyerang tersebut sedang duduk di kereta bawah tanah (subway) di ibukota Rusia itu ketika seorang penumpang lain yang sedang berjalan di dalam gerbong yang sama menarik perhatian mereka. Salah seorang penyerang kemudian mengangguk ke arah rekannya, lalu membisikkan sesuatu. Keduanya kemudian menarik senjata dan melakukan serangan keji yang tertangkap kamera yang rekaman diperoleh Live News, jaringan media besar Rusia.

Penyerang yang lebih muda menggunakan sebuah 'traumatic hand gun' untuk menembak ke arah wajah dan perut Khashim Latipov (30 tahun) yang berasal dari Dagestan, sebuah daerah di wilayah Kaukasus, Rusia selatan.
 
Penyerang yang lebih tua menendang Latipov dan menempelkan pistol di kepalanya, sementara penumpang lain melarikan diri ke ujung gerbong.

Kedua orang itu kemudian berpaling dari korban tetapi tetap mengancamnya dengan senjata sampai mereka melarikan diri dari kereta di stasiun Nagornaya.


Insiden itu terjadi 17 November lalu.

Ajaibnya, Lapitov selamat dari serangan itu meski menderita luka parah.

"Indetitas para penembak itu belum diketahui, kami sedang mencari mereka," kata sebuah sumber di bagian penegak hukum Rusia kepada Live News. "Korban telah dibawa ke rumah sakit, dengan satu peluru bersarang di rahangnya dan kerusakan wajah yang serius."

Lapitov telah menjalani operasi, dan akan menjalani operasi lanjutan.

Rekaman itu disebarkan dalam upaya untuk menangkap para penyerang.

Insiden itu terjadi saat Rusia berada di bawah pengawasan terkait sejumlah insiden rasial yang terjadi baru-baru ini dan ejekan terhadap pemain asing di pertandingan sepak bola. Serangan itu terjadi kurang dari tiga bulan sebelum ribuan penggemar Olimpiade Musim Dingin akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk pertandingan Sochi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com