Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusut, Catatan Kasus Malaria di Kamboja

Kompas.com - 23/11/2013, 12:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Catatan kasus merebaknya penyakit malaria di Kamboja terbilang menyusut pada sepuluh bulan pertama 2013. Menurut data rilisan Xinhuapada Sabtu (23/11/2013), selama periode itu ada 33.770 kasus malaria. Jumlah itu turun 43 persen dari posisi sama pada periode 2012 sebanyak 59.670 kasus. Data yang berasal dari Kementerian Kesehatan Kamboja itu juga menunjukkan kalau selama periode sepuluh bulan pertama 2013, ada 8 pasien meninggal dunia. Angka ini pun terbilang susut 78 persen dari posisi sebelumnya, 37 orang pasien meninggal dunia. "Bisa kami katakan kalau malaria bukan lagi ancaman bagi Kamboja," kata Direktur Pusat Malaria Nasional Kamboja Char Meng Chuor.

Penyakit malaria adalah penyakit yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk. Penyakit jenis ini melanda wilayah yang memunyai musin hujan dan kemarau dan lazimnya terjadi di kawasan hutan dan pegunungan. Pada 2012, Kamboja mendistribusiakn 2,2 juta insektisida untuk membasmi nyamuk malaria.

Menurut Char Meng Chuor, pemerintah Kamboja membidik target nol kematian korban malaria pada 2015. Lalu, diharapkan, pada 2025, sudah tak ada lagi malaria di Kamboja. Sementara itu, selama setahun pada 2012, jumlah korban tewas malaria di Kamboja menjadi 45 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com