Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB dan Komisi Eropa Bantu Bulgaria Urus Pengungsi Suriah

Kompas.com - 23/11/2013, 12:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — PBB dan Komisi Eropa membantu Bulgaria dalam penanganan masalah pengungsi Suriah di negara itu. Antonio Guterres dari Komisi Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) dan Komisioner Kristalina Georgieva mengatakan hal itu pada Sabtu (23/11/2013) sebagaimana warta AP. Keduanya bertemu dengan Perdana Menteri Bulgaria Plamen Oresharski. "Bantuan dari organisasi PBB dan Komisi Eropa bakal dilaksanakan pada minggu depan," kata keduanya. Ada tiga tugas besar bagi tim konsultasi di Bulgaria, termasuk pembangunan kapasitas dari badan urusan pengungsi lokal dan penyederhanaan prosedur untuk mendapat status pengungsi. "Kami juga akan membantu Pemerintah Bulgaria dalam aspek kelompok pengungsi," kata Guterres.

Pada Jumat kemarin, Menteri Pertahanan Bulgaria Angel Naydenov mengatakan, jumlah pengungsi Suriah bakal makin banyak pada enam bulan ke depan. "Mayoritas pengungsi Suriah menunjuk Bulgaria sebagai destinasi terakhir," kata Naydenov.

Sementara itu, catatan Wakil Menteri Dalam Negeri Bulgaria Vasil Marinov menunjukkan ada 9.820 pengungsi di Bulgaria. Dari jumlah itu, 439 orang masuk secara ilegal pada Juli 2013. Ada juga 1.018 pengungsi yang masuk pada Agustus, 3.626 pengungsi masuk pada Oktober, dan 1.282 pengungsi masuk sejak awal November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com