Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afganistan Teken Kerja Sama Keamanan dengan AS Tahun Depan

Kompas.com - 22/11/2013, 22:02 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Pemerintah Afganistan, Jumat (22/11/2013), menolak desakan Amerika Serikat agar segera menandatangani pakta kerja sama keamanan antara kedua negara. Afganistan bersikeras perjanjian penting itu akan ditandatangani usai pemilihan presiden yang akan digelar pada April tahun depan.

Penolakan ini membuat berang para pejabat AS yang menilai pakta yang akan mengatur semua persyaratan terkait misi kontra-terorisme dan pelatihan militer pascaperang AS di Afganistan itu, harus ditandatangani paling lambat akhir tahun ini.

Gedung Putih mengatakan dibutuhkan keputusan segera Presiden Hamid Karzai untuk segera merencanakan penempatan pasukan AS di Afganistan pascapenarikan mundur akhir tahun depan.

Gedung Putih juga mengingatkan Afganistan bahwa Presiden Barack Obama juga belum memutuskan untuk tetap menyisakan pasukan AS di Afganistan.

"Jika pakta ini tidak ditandatangani hingga akhir tahun nanti, maka hal itu akan membuat AS dan sekutu kami tidak bisa merencanakan penempatan pasukan pasca-2014," kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

Sementara itu, Presiden Afganistan Hamid Karzai mengatakan pakta kerja sama itu kini masih dalam pertimbangan Loya Jirga, sebuah pertemuan para ketua suku seluruh Afganistan.

"Kesepakatan Keamanan Bilateral (BSA) hanya bisa ditandatangani saat pemilu sudah digelar dengan benar dan lancar," kata Karzai.

Pernyataan Karzai itu ditegaskan juru bicara kepresidenan Afganistan, Aimal Faizi. "Keamanan, perdamaian dan pemilu yang baik adalah kunci untuk menandatangani BSA," kata Faizi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com