Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Daerah Bencana, Filipina Gencarkan Vaksinasi

Kompas.com - 20/11/2013, 16:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Bencana alam empasan supertopan Haiyan menyisakan masalah kesehatan di Filipina. Oleh karena itu, Departemen Kesehatan Filipina menggencarkan vaksinasi di pusat-pusat pengungsian. Program ini fokus di daerah-daerah terlanda topan tersebut. Menurut warta AP  pada Rabu (20/11/2013), epidemi penyakit gampang menyerang masyarakat dengan wilayah yang minim sarana air bersih. "Sampai kini memang belum ada wabah. Tapi, kami memilih mengintensifkan vaksinasi campak, tetanus, polio oral, dan rabies," kata Menteri Kesehatan Filipina Enrique Ona.

Tak cuma itu, Ona pun mengumumkan pembangunan kembali fasilitas kesehatan yang luluh-lantak di Visayas Timur. "Saya mengimbau sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat untuk memberikan sumber daya dan personel yang akan mengatasi kesenjangan serius dalam infrastruktur, peralatan dan tenaga kerja,"katanya.

Lebih dari 10 juta orang di 10.560 desa pada 44 provinsi terkena dampak supertopan Haiyan atau yang dikenal dengan nama  lokal Yolanda, yang melanda negara itu pada 8 November.

Ada 3.990.000 penduduk mengungsi dan dilayani baik di dalam maupun di luar pusat-pusat evakuasi. Mayoritas pusat pengungsian berada di provinsi terparah Leyte dan Samar Timur .

Korban tewas akibat supertopan Haiyan telah meningkat menjadi 3.982 pada Selasa, kemarin. Kini jumlah korban luka membengkak menjadi 18.267 orang, menurut angka yang dikeluarkan oleh pemerintah Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com