Kompas.com - 19/11/2013, 11:53 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com -Latihan militer nasional Kuba termutakhir terlaksana pada 1980. Waktu itu, pemimpin Kuba, Fidel Castro, masih amat berpengaruh. "Latihan ini untuk kesiapan pertahanan negara," kata pemilik nama komplet Fidel Alejandro Castro Ruz, kala itu. Kini, pada 2013, saat Fidel Castro sudah begitu banyak undur diri dari kegiatan pemerintahan, pemerintah Kuba menghelat kembali latihan militer, tulis Koran Granma pada Selasa (19/11/2013).

"Latihan militer Kuba bukan untuk mengancam siapa pun atau memamerkan kekuatan militer kami,"begitu pernyataan resmi pemerintah Kuba.

Para peserta latihan militer antara lain Angkatan Bersenjata Revolusioner Kuba, Kementerian Dalam Negeri, dan organisasi-organisasi di bawah payung Partai Komunis Kuba.

Sejatinya, pada 1989, Kuba pernah berniat menggelar latihan militer. Namun, kegiatan itu ditunda. Hal sama terjadi pada 2004.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.