Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Indonesia untuk Australia Sudah Tinggalkan Canberra

Kompas.com - 19/11/2013, 09:49 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com — Duta besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema sudah meninggalkan Canberra, Selasa (19/11/2013) pagi. Dia bertolak kembali ke Jakarta, menyusul terkuaknya penyadapan telepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ibu negara Ani Yudhoyono, dan beberapa pejabat senior lain di Indonesia oleh intelijen Australia.

Seharusnya Nadjib mengisi acara di Brisbane, Queensland, pada Senin (18/11/2013). Namun, staf kedutaan memastikan pada Selasa pagi Nadjib sudah berada di Canberra dan bersiap kembali ke Jakarta.

Belum diketahui berapa lama penarikan pulang Duta Besar Indonesia untuk Australia ini akan berlangsung. Dalam pesannya kepada staf kedutaan, Nadjib memastikan semua kerja sama Indonesia dengan Autralia, kecuali di bidang politik dan pertahanan, tetap berjalan normal.

Dengan pesan itu, kegiatan konsuler seperti pembuatan visa dipastikan tak akan terganggu selama duta besar ditarik pulang. Ditemui wartawan di bandara Canberra, Nadjib mengatakan, "Saya pikir penjelasan yang baik akan menjadi cara terbaik untuk meringankan masalah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com