Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Filipina Yakinkan Akurasi Perhitungan Korban Haiyan

Kompas.com - 15/11/2013, 17:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemerintah Filipina yakinkan akurasi perhitungan korban supertopan Haiyan. "Jumlah korban tewas lebih rendah ketimbang perhitungan PBB," kata Wakil Juru Bicara Kepresidenan Filipina Abigail Valte di Manila pada Jumat (15/11/2013).
Hingga berita ini diunggah, jumlah korban tewas Haiyan atau Yolanda versi Pemerintah Filipina ada 2.360 jiwa. Sementara itu perhitungan PBB menunjukkan  jumlah korban jiwa  berada di angka 4.000 orang.

"Kami tidak punya niat untuk menyembunyikan data," kata Valte menegaskan sebagaimana warta AP .

Sebelumnya, pada saat-saat awal supertopan itu melanda Filipina, aparat pemerintahan dan kepolisian di Provinsi Leyte, tempat terparah terlanda supertopan, mengatakan, jumlah korban tewas 10.000 jiwa.

Menariknya, gara-gara pernyataan itu, tak lama kemudian, Kepala Polisi Leyte Elmer Soria lengser dari jabatannya. "Kepala polisi mengaku terlalu banyak pekerjaan dan stres lantaran bencana itu. Makanya, dia memutuskan perlu beristirahat," kata Abigail Valte.

Sebelumnya, Presiden Filipina Benigno Aquino III mengungkapkan kalau jumlah korban tewas ada 2.500 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com