Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vladimir Putin Raih Penghargaan Tertinggi Taekwondo

Kompas.com - 14/11/2013, 16:29 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mendapatkan penghargaan tertinggi dalam beladiri taekwondo dengan status grand master kehormatan.

Dengan gelar ini, level Putin dalam seni beladiri asal Korea itu berada di atas aktor laga Chuck Norris yang meraih Dan Delapan. Sementara Putin, dengan gelarnya ini, memiliki Dan Sembilan.

Uniknya, Putin tidak pernah mempelajari taekwondo. Namun, mantan agen KGB itu diketahui menyandang Dan Delapan judo yang dianugerahkan Federasi Judo Internasional.

Gelar tertinggi dalam taekwondo itu diserahkan oleh Ketua Federasi Taekwondo Dunia saat Putin melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan belum lama ini.

"Saya kira saya tak pantas mendapatkan gelar Dan setinggi ini," ujar Putin seperti dikutip International Business Times.

"Anggap saja ini sebagai kampanye untuk semakin memopulerkan seni beladiri hebat ini. Rusia akan melakukan yang terbaik untuk memopulerkan taekwondo di dalam negeri," ujar Putin.

Kini, secara resmi Putin berhak menyandang gelar Sasung atau grand master kehormatan.

Putin adalah satu dari sejumlah tokoh yang mendapatkan penghargaan peringkat "Dan" taekwondo. Salah seorang tokoh dunia lain yang mendapatkan penghargaan serupa adalah Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Sementara Presiden AS Barack Obama pernah menerima penghargaan sabuk hitam taekwondo pada 2009. Pada masa mudanya, Vladimir Putin pernah menjadi juara judo dan pada 2008 meluncurkan DVD soal beladiri asal Jepang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com