Kompas.com - 11/11/2013, 15:41 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com — Di saat sebuah negeri dililit ketegangan politik, hal sekecil apa pun bisa menyeret seseorang menjadi pesakitan. Salah satunya adalah pesepak bola Ahmed Abdel-Zaher, yang bermain untuk tim Liga Utama Mesir Al-Ahli. Bahkan aparat keamanan sudah berencana untuk memeriksa Ahmed Abdel-Zaher.

Dalam laga final Liga Champions Afrika melawan klub Afrika Selatan Orlandi Pirate, Minggu (10/11/2013), Ahmed  membuat tanda "empat" menggunakan tangan kanannya. Nah, tanda empat jari itu merupakan lambang "Rabaa" atau perlambang protes kelompok pendukung Ikhwanul Muslimin dan presiden terguling Muhammad Mursi.

Dalam kondisi damai, mungkin gerakan tangan Ahmed itu tak berarti apa-apa. Namun, di saat krisis politik melilit Mesir saat ini, semua hal yang berbau Ikhwanul Muslimin dan Mursi bisa dianggap sebagai perlawanan terhadap pemerintah.

Ahmed Abdel-Zaher membuat gerakan tangan itu saat mencetak gol kedua yang ikut mengantarkan Al-Ahli mengalahkan Pirates dengan 2-0.

Namun, aparat Pemerintah Mesir menganggap gerakan tangan Ahmed itu merupakan tanda penghormatannya kepada para pendukung Mursi yang dibubarkan polisi pada Agustus lalu dan menyebabkan ratusan orang meninggal dunia.

Lokasi yang menjadi pusat kelompok pro Mursi adalah lapangan Rabaa al-Adawiya. Dalam bahasa Arab, Rabaa berarti "keempat", dan kemudian gerakan tangah dengan empat jari itu menunjukkan solidaritas kepada para pengunjuk rasa.

Namun, Menteri Olahraga Mesir Taher Abou-zeid membela pesepak bola itu.

"Kemenangan Al-Ahli dalam final Liga Champions jauh lebih besar ketimbang tanda yang dibuat Abdel-Zaher. Tak ada masalah, yang penting Al-Ahli menjadi juara," kata Abou Zeid menurut situs berita Ahram Online.

"Al-Ahli adalah klub yang patrotik yang selalu berada di hati setiap revolusi," tambah Abou Zeid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.