Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Topan Haiyan, Vietnam Evakuasi 600.000 Penduduk

Kompas.com - 10/11/2013, 15:45 WIB

HANOI, KOMPAS.com — Pemerintah Vietnam mulai mengevakuasi sekitar 600.000 jiwa lantaran topan Haiyan mengarah ke negara tersebut. Langkah itu dilakukan guna mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, sebagaimana yang terjadi di Filipina pada akhir pekan ini.

"Kami telah mengevakuasi lebih dari 174.000 kepala keluarga, yang setara dengan sekitar 600.000 jiwa," demikian pengumuman dari otoritas Vietnam, Minggu (10/11/2013).

Badai Haiyan diperkirakan akan menghantam Vietnam pada Senin pagi. Adapun penduduk yang dievakuasi adalah yang tinggal di bagian utara provinsi Nghe An, sekitar 230 kilometer dari Hanoi.

Namun, diperkirakan sekitar 200.000 jiwa yang telah dievakuasi yang berada di wilayah tengah Vietnam, diperbolehkan kembali ke rumahnya masing-masing.

Biro cuaca Vietnam menambahkan, topan Haiyan diperkirakan akan bergerak ke arah utara dan timur laut dengan kecepatan mencapai 35 kilometer per jam.

Kencangnya topan Haiyan kemungkinan bisa menyebabkan tanah longsor secara masif pada Senin pagi serta angin dengan kecepatan sekitar 74 kilometer (45 mil) per jam.

Sementara itu, maskapai penerbangan Vietnam Airlines mengumumkan telah membatalkan sekitar 62 penerbangan dari dan ke negara tersebut akibat cuaca buruk.

Sebelumnya pada Jumat (8/11/2013), Haiyan menghantam FIlipina dengan kecepatan angin mencapai 315 kilometer (195 mil) per jam sehingga menyebabkan kerusakan masal di negara itu. AFP menyebutkan, sekitar 10.000 orang telah tewas akibat bencana topan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com