Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Haiyan Diprediksi Tewaskan 1.200 Warga Filipina

Kompas.com - 10/11/2013, 01:48 WIB
MANILA, KOMPAS.com - Salah satu topan terkuat yang menghantam Filipina, topan Haiyan, dikhawatirkan menewaskan sedikitnya 1.200 orang. Demikian palang merah setempat mengatakan, Sabtu (9/11/2013), saat tim penyelamat mencapai sebuah kota yang hancur seperti dihantam tsunami.

Super topan Haiyan yang menghantam Filipina pada Jumat (8/11) berkecepatan 315 kilometer per jam. Angin secepat itu menghasilkan ombak setinggi tiga meter yang menyapu kota-kota pesisir bahkan hingga ke pedalaman.

"Sekitar satu kilometer ke pedalaman, semuanya hancur. Semua rumah hancur," kata Menteri Dalam Negeri Filipina Mar Roxas usai mengunjunig sejumlah kota pesisir di pulau Leyte, salah satu provinsi yang paling parah diterjang Haiyan.

Sekretaris Jenderal Palang Merah Filipina Gwendolyn Pang memperkirakan 1.200 orang tewas akibat bencana itu. Sementara seorang pejabat PBB menggambarkan Leyte hancur lebur dilumat Haiyan.

"Kerusakannya sangat masif. Puluhan mobil terlempar ke berbagai arah dan jalanan kota dipenuhi puing," kata Sebastian Rhodes Stampa, kepala Kordinasi Penanggulangan Bencana PBB.

"Terakhir kali saya melihat skala kehancuran seperti ini adalah pada bencana tsunami 2004," ujar Stampa merujuk bencana yang menewaskan 220.000 orang itu.

Stampa membuat pernyataannya setelah mengunjungi Tacloban, ibu kota provinsi Leyte berpenduduk 220.000 orang yang luluh lantak dihancurkan badai. Di sekitar bandara Tacloban, terlihat 100 jenazah bergelimpangan. Demikian keterangan manajer bandara.

Salah seorang pendudukn Tacloban, Dominador Gullena, mengatakan dia berhasil lolos dari maut namun seluruh tetangganya hilang.

"Keluarga saya sudah mengungsi. Saya kira semua tetangga melakukan hal yang sama, tapi ternyata tidak," kata Gullena.

Sementara itu, militer, pekerja pemerintah dan organisasi non-pemerintah berjuang keras untuk mencapai lokasi bencana dan mengirimkan bantuan untuk para korban. Sebanyak 15.000 prajurit dikirim ke lokasi bencana untuk membantu upaya penyelamatan korban. Demikian juru bicara militer  Letnan Kolonel Ramon Zagala.

"Helikopter membawa tim penyelamat ke lokasi prioritas, sementara pasukan infantri dikerahkan ke lokasi bencana dengan berjalan kaki atau menggunakan truk militer," tambah Zagala.

Setiap tahun, sekitar 20 angin topan, beberapa di antaranya sangat mematikan, menghantam Filipina dari arah Samudera Pasifik. Pada 2012, topan terkuat yang menghantam Filipina adalah Bopha yang mengakibatkan tak kurang dari 2.000 orang tewas atau hilang di pulau Mindanao.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com