Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Malam, Topan Haiyan Hampiri Selatan China

Kompas.com - 09/11/2013, 16:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sabtu (9/11/2013) malam, topan Haiyan dengan angin superkencangnya menghampiri Selatan China. Topan yang di Filipina dikenal dengan nama Yolanda itu adalah topan ke-30 yang menghantam China tahun ini, tulis Xinhua.
Menurut data Pusat Prakiraan Cuaca dan Lingkungan Kelautan China supertopan ini sudah melewati Laut China Selatan pada Sabtu pagi. "Makanya kami memberikan peringatan agar nelayan yang masih mencari ikan di laut tersebut segera kembali,"kata pernyataan lembaga itu.

Provinsi di Selatan China yang bakal terlanda serangan Haiyan malam nanti adalah Hainan. Tiga pulau di provinsi itu, Xisha, Zhongsha, dan Nansha akan terlanda angin kencang dan hujan deras.

China sudah menetapkan tanda siaga merah untuk menghadapi suprtopan tersebut. Sebelumnya, kemarin, China menetapkan siaga oranye.

Tanda siaga bahaya cuaca di China diukur mulai dari yang paling berbahaya hingga yang paling tidak berbahaya dengan deretan warna. Berturut-turut mulai dari level tadi adalah merah, oranye, kuning, dan biru.

BBC Topan Haiyan seperti terlihat dari luar angkasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com