Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu Parlemen Mesir Paling Lambat Maret 2014

Kompas.com - 08/11/2013, 21:18 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmy, Jumat (8/11/2013), mengatakan, pemilihan parlemen nasional akan digelar antara Februari dan Maret tahun depan lalu diikuti pemilihan presiden di musim panas.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Spanyol, Fahmy mengatakan, sayap politik Ikhwanul Muslimin yang menyokong presiden terguling Muhammad Mursi bisa saja ikut serta dalam pemilu tersebut.

Dalam wawancara dengan kantor berita Reuters, Fahmy mengatakan, Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin, secara legal masih berdiri dan bebas untuk berpartisipasi dalam pemilu parlemen.

Sementara soal pemilihan presiden Mesir, Fahmy menegaskan kepastian soal jadwal pemilihan presiden akan diumumkan pada akhir musim semi. Fahmy menambahkan, pemilihan presiden akan digelar paling lambat dua bulan setelah pengumuman itu.

"Jadi kita akan melihat sebuah pemilihan presiden di musim panas," kata Fahmy.

Kedua pemilihan itu, tambah Fahmy, akan digelar setelah pelaksanaan referendum terkait konstitusi baru Mesir yang akan digelar pada Desember. Saat ini, sebanyak 50 anggota komite tengah bekerja keras untuk mengamandemen konstitusi yang dirancang di masa pemerintahan Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com