Kompas.com - 07/11/2013, 22:19 WIB
EditorErvan Hardoko

BRUSSELS, KOMPAS.com — Mahkamah Uni Eropa, Kamis (7/11/2013), memutuskan bahwa kaum homoseksual dari negara-negara Afrika bisa mendapat suaka di Uni Eropa. Namun, syaratnya, mereka harus benar-benar menghadapi risiko akan dipenjara di negara asalnya.

Keputusan ini diambil setelah Mahkamah Agung Belanda mengajukan pertanyaan apakah tiga orang homoseksual dari Sierra Leone, Uganda, dan Senegal bisa dipertimbangkan sebagai bagian dari orang-orang yang dianiaya.

Mahkamah di Luksemburg menjawab ya walau menegaskan tiap-tiap pemerintah di Uni Eropa yang memutuskan apakah kaum homoseksual yang dimaksud memang menghadapi hukuman di negaranya.

Keputusan menyebutkan bahwa kaum homoseksual di sejumlah negara tidak berani mengungkapkan kecenderungan seksual di negaranya untuk menghindar dari hukuman.

Perilaku homoseksual tergolong melanggar hukum di sebagian besar negara Afrika walau tidak semuanya menerapkan hukum itu secara tegas.

Bulan September lalu, Uganda sempat menangkap seorang produser drama asal Inggris, David Cecil, dengan dakwaan terkait pertunjukan drama tentang homoseksual. Namun, belakangan dakwaan itu dicabut.

Dengan keputusan di Luksemburg ini, Mahkamah Agung Belanda akan melanjutkan permohonan suaka bersangkutan.

Bagaimanapun, masih ada pertanyaan tentang bagaimana memastikan latar belakang kecenderungan seksual seseorang sehingga orang tersebut tergolong homoseksual.

Mahkamah Agung Belanda juga mengajukan pertanyaan tersebut, tetapi dilaporkan baru akan mengambil keputusan mengenai hal itu tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.