Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Bantah Dukung Pemberontak Al Qaeda di Suriah

Kompas.com - 07/11/2013, 21:43 WIB
STOCKHOLM, KOMPAS.com — Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Kamis (7/11/2013), membantah Turki menyediakan perlindungan atau mendukung kelompok pemberontak Suriah yang terkait Al Qaeda.

Erdogan menambahkan, Pemerintah Turki tetap tidak akan mendukung kelompok-kelompok terafiliasi Al Qaeda meski mereka juga menentang rezim Presiden Bashar al-Assad.

"Kelompok-kelompok seperti Al Nusra dan Al Qaeda tidak ada di wilayah negeri kami," kata Erdogan dalam jumpa pers di sela-sela kunjungan kerjanya di Swedia.

"Kami sudah mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam menghadapi mereka dan kami akan terus melakukannya," lanjut Erdogan.

Kelompok-kelompok terkait Al Qaeda seperti Jabhat al-Nusra dan Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) kini menguasai wilayah yang cukup luas di bagian utara Suriah yang berbatasan dengan Turki.

Sejauh ini Turki mempertahankan kebijakan pintu terbuka selama konflik bersenjata yang sudah berlangsung selama dua setengah tahun itu.

Dengan kebijakan itu, memungkinkan wilayah yang dikuasai pemberontak mendapatkan bantuan kemanusiaan, memberi jalan keluar bagi pengungsi, dan membuat pasukan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) bisa mengendalikan perlawanan dari wilayah Turki.

"Siapa yang kami dukung di antara pemberontak Suriah sudah jelas. Kami hanya berhubungan dengan FSA dan Koalisi Nasional Suriah," tambah Erdogan.

"Untuk mereka kami berikan semua dukungan dan bantuan," Erdogan menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com