Kompas.com - 07/11/2013, 19:17 WIB
EditorErvan Hardoko
KAMPALA, KOMPAS.com — Pemimpin kelompok pemberontak M23 yang baru saja menyerah kepada Pemerintah Republik Demokratik Kongo dikabarkan ditangkap militer Uganda. Demikian seorang perwira Uganda mengatakan, Kamis (7/11/2013).

"Saya bisa memastikan dia (Makenga) ada di sini bersama kami," kata seorang perwira senior Uganda yang tak ingin disebutkan namanya.

"Dia menyerahkan diri kepada kami kemarin (Rabu) dan kami menahannya di suatu tempat bersama beberapa komandannya," tambah dia.

Keberadaan Sultani Makenga tidak diketahui sejak pemberontak M23 mengumumkan akhir dari pemberontakan 20 bulan mereka, Selasa (5/11/2013). Dikhawatirkan Makenga tengah bersembunyi untuk kembali mengatur kekuatan.

Menyerahnya Makenga dianggap sebagai sebuah prestasi besar bagi angkatan darat RD Kongo yang dibantu pasukan PBB, yang berupaya untuk menciptakan perdamaian di wilayah timur negeri itu yang didera perang selama dua dekade.

Pemberontak M23 menyatakan mengakhiri perlawanan bersenjata dan akan mencari penyelesaian politik. M23 menyerah setelah pasukan Kongo dan PBB memukul mundur pasukan M23 di sejumlah basis terkuatnya.

Namun, para pengamat memperingatkan agar jangan terlalu optimistis setelah M23 menyerah perdamaian di wilayah timur RD Kongo yang luas itu sudah tercapai.

Terlebih lagi, M23 hanya satu dari banyak kelompok bersenjata yang tersebar di wilayah timur yang kaya mineral itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.