Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kirim Obor Olimpiade Sochi ke Angkasa Luar

Kompas.com - 07/11/2013, 14:29 WIB
MOSKWA, KOMPAS. com - Rusia, Kamis (7/11/2013), mengirim tiga angkasawan Rusia, Jepang, dan Amerika Serikat ke luar angkasa sambil membawa obor Olimpiade yang belum dinyalakan dan akan dibawa berjalan-jalan di angkasa luar untuk menandai Olimpiade musim dingin 2014 di Sochi.

Roket Soyuz-FG yang membawa kapsul Soyuz-TMA yang dihiasi lambang Olimpiade Sochi dan lima lingkaran Olimpiade, diluncurkan dari kosmodrom Baikonur, Kazakhstan dan akan bergabung dengan Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS).

"Roket Soyuz FG dan kampsul Soyuz TMA diluncurkan dari kosmodrom Baikonur pada pukul 8.14 waktu Moskwa," demikian pernyataan badan angkasa luar Rusia, Roscosmos.

Astronot NASA Rick Mastracchio menjadi yang pertama naik ke dalam kapsul sambil membawa obor Olimpiade, bersama rekannya kosmonot Rusia Mikhail Tyurin dan astronot Jepang, Koichi Wakata.

Nanti, pada Sabtu (9/11/2013), dua kosmonot Rusia yang sudah bertugas di ISS akan membawa obor Olimpiade itu berjalan-jalan di angkasa luar pada pukul 14.30 GMT atau pukul 23.30 WIB untuk mempromosikan Olimpiade Sochi. Namun, demi keselamatan pemerintah Rusia memastikan obor itu tidak akan dinyalakan.

"Membawa obor Olimpiade ke angkasa luar, hanya kami yang bisa melakukan itu," demikian seorang pembaca berita di stasiun televisi pemerintah Rossiya-2.

Sebenarnya, sudah dua kali obor Olimpiade dibawa ke angkasa luar yaitu pada Olimpiade 1996 Atlanta dan 2000 di Sydney. Namun, obor Olimpiade memang belum pernah dibawa berjalan di luar angkasa.

Selain dibawa ke luar angkasa, obor Olimpiade Sochi ini juga dibawa ke kutub utara bulan lalu menggunakan sebuah kapal pemecah es bertenaga nuklir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com