Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Garda Revolusi Iran Dikabarkan Tewas di Suriah

Kompas.com - 05/11/2013, 14:19 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Sejumlah media Iran, Senin (4/11/2013), mengabrakan seorang komandan pasukan elit Iran, Garda Revolusi, tewas tertembak "teroris" ketika sedang membela rakyat Suriah dekat ibu kota Damaskus.

Kantor berita Mehr mengabarkan komandan Mohammad Jamali Paqale, seorang veteran perang Iran-Irak pada 1980-an, baru-baru ini secara sukarela mendaftarkan diri untuk mempertahankan situs suci Syiah di dekat Damaskus.

Jamali tewas ketika bertempur mempertahankan tempat suci itu, namun Mehr tidak menyebutkan waktu tepat peristiwa tersebut.  Sementara itu, kantor berita ISNA mengabarkan Jamali akan dimakamkan pada Selasa (5/11/2013) di kota Kerman, wilayah selatan Iran.

Jamali, ujar Mehr, berasal dari kesatuan yang melatih Jenderal Qassem Soleimani, yang kini menjadi komandan pasukan elit Quds. Barat dan negara-negara Arab menuding pasukan Quds mengendalikan dukungan militer Iran untuk rezim Bashar al Assad.

Teheran selama ini mengaku pemerintahannya memang menyediakan persenjataan dan dukungan intelijen untuk Damaskus, namun selalu membantah telah mengirimkan pasukan tempur untuk membantu Assad.

Bantahan itu kembali diulangi juru bicara Garda Revolusi. "Seperti sudah kami katakan berulang kali, Iran tidak memiliki batalion terorganisasi di Suriah," kata Ramezan Sharif yang dikutip situs berita Sepahnews.

Iran, lanjut Ramezan, "hanya" mengirim penasihan militer untuk membagi pengalaman militer dengan pasukan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com