Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang Menentang Undang-undang Amnesti Thailand

Kompas.com - 04/11/2013, 18:35 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Lebih dari 10.000 orang turun ke jalan-jalan kota Bangkok, Thailand, Senin (4/11/2013), memprotes undang-undang amnesti yang diterbitkan pemerintah.

Kelompok oposisi, yang menggelar aksi unjuk rasa ini, khawatir undang-undang baru ini akan memudahkan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra kembali ke Thailnad.

Para pengunjuk rasa melakukan aksi jalan kaki dari sebuah stasiun kereta api tempat mereka melakukan aksi sejak pekan lalu menuju ke Istana Raja.

"Hari ini adalah saatnya bersatu dan meminta semua orang yang mencintai negeri ini untuk melindungi bangsa," kata mantan wakil perdana menteri dan anggota parlemen oposisi, Suthep Thaugsuban.

Sekitar 1.000-an orang, termasuk para pegawai yang tengah istirahat siang, bergabung dengan unjuk rasa kedua menentang undang-undang amnesti di kawasan bisnis dan perbelanjaan Silom.

Thaksin Shinawatra, yang adalah taipan komunikasi, digulingkan dari jabatan perdana menteri oleh militer pada 2006. Meski demikian, Thaksin masih menjadi sosok berpengaruh, dan kini adiknya, Yingluck, menjadi perdana menteri Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com