Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Hubungan, John Kerry Kunjungi Arab Saudi

Kompas.com - 04/11/2013, 17:30 WIB

RIYADH, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Minggu (3/11/2013) malam, tiba di Arab Saudi dalam lawatannya ke Timur Tengah. Kunjungan ini dilihat sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan dengan sekutu lamanya yang belakangan terganggu akibat konflik di Suriah dan upaya Amerika Serikat mendekati Iran.

Sebelumnya, Kerry berkunjung ke Mesir, yang menjadi salah satu sumber ketegangan antara Arab Saudi dan AS dalam beberapa bulan belakangan. Washington membekukan bantuan tahunan sebesar 1,3 miliar dollar AS ke Mesir setelah presiden terpilih, Muhammad Mursi, digulingkan militer Mesir, Juli tahun ini.

Sementara Arab Saudi memberi dukungan kepada pemerintah sementara yang baru yang didukung militer. Sebelum Kerry tiba di Arab Saudi, dilaporkan bahwa Ketua Badan Intelijen Arab Saudi, Pangeran Bandar bin Sultan, mengatakan kepada para diplomat bahwa negaranya akan menempuh "perubahan besar" dalam hubungan dengan AS.

Arab Saudi disebutkan tidak senang dengan upaya perundingan damai Suriah yang bisa menciptakan pemerintahan yang didukung Iran di Damaskus. Pemerintah Riyadh juga prihatin dengan pendekatan Amerika Serikat-Iran sehubungan dengan program nuklir Iran.

Saat di Kairo sebelum terbang ke Riyadh, John Kerry, menegaskan bahwa dia tidak akan membiarkan negara-negara, seperti Arab Saudi, Jordania, dan Mesir "diserang dari luar". Pernyataan itu dilihat oleh beberapa pihak sebagai rujukan atas "serangan" Iran. Dia juga menegaskan perlunya Mesir bergerak menuju demokrasi.

"Sejarah membuktikan demokrasi lebih stabil, dapat berjalan terus, dan lebih makmur dibanding pilihan lain," tuturnya dalam konferensi pers

"Dengan stabilitas, akan datang pariwisata dan investasi, dan dengan keduanya akan datang lapangan kerja."

Kunjungan Kerry ke Kairo tidak diungkapkan oleh para pejabat AS sampai dia tiba di negara itu dengan alasan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com