Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha AS Klaim Beri Informasi Keberadaan Osama kepada FBI

Kompas.com - 04/11/2013, 16:02 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang pengusaha AS mengklaim dia telah memberi informasi keberadaan Osama bin Laden dan kini menuntut uang hadiah sebesar 25 juta dollar AS atau sekitar Rp 282 miliar.

Penjual batu mulia Tom Lee (63) mengklaim pada 2003 seorang anggota intelijen Pakistan, yang keluarganya sudah dikenal Lee selama beberapa dekade, mengatakan kepada dia bahwa Osama berada di kota Peshawar.

Agen Pakistan itu mengatakan bahwa dia tengah ditugaskan untuk memindahkan Osama dan keluarganya ke sebuah rumah perlindungan di kawasan Bilal, Abottabad.

Sepucuk surat yang dikirim kuasa hukum Lee kepada Direktur FBI James Coney pada Agustus 2003 mengatakan, Lee menyampaikan informasi itu kepada sejumlah agen FBI.

Namun, setelah mencoba sejumlah upaya mendapatkan hadiah atas informasinya soal Osama bin Laden setelah pemimpin Al Qaeda itu tewas pada 2011 tidak mendapatkan tanggapan.

"Tuan Lee secara tepat memberikan informasi lokasi keberadaan seorang teroris yang paling dicari di masa itu," demikian isi surat kuasa hukum Lee.

"Seseorang yang bertanggung jawab atas serangan WTC, aksi teroris paling menghancurkan di tanah Amerika, dan sejumlah serangan lain terhadap Amerika," masih isi surat Lee.

Melalui surat elektronik yang dikirimnya kepada harian The Grand Rapids Press,  Lee mengatakan, dia tidak memahami mengapa Pemerintah AS membutuhkan waktu hingga delapan tahun untuk menyergap Osama.

Pemerintah AS memang menjanjikan hadiah bagi siapa pun yang memberikan informasi yang bisa membuat Osama tertangkap. Hingga saat ini FBI belum memberikan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com