Kompas.com - 04/11/2013, 16:02 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang pengusaha AS mengklaim dia telah memberi informasi keberadaan Osama bin Laden dan kini menuntut uang hadiah sebesar 25 juta dollar AS atau sekitar Rp 282 miliar.

Penjual batu mulia Tom Lee (63) mengklaim pada 2003 seorang anggota intelijen Pakistan, yang keluarganya sudah dikenal Lee selama beberapa dekade, mengatakan kepada dia bahwa Osama berada di kota Peshawar.

Agen Pakistan itu mengatakan bahwa dia tengah ditugaskan untuk memindahkan Osama dan keluarganya ke sebuah rumah perlindungan di kawasan Bilal, Abottabad.

Sepucuk surat yang dikirim kuasa hukum Lee kepada Direktur FBI James Coney pada Agustus 2003 mengatakan, Lee menyampaikan informasi itu kepada sejumlah agen FBI.

Namun, setelah mencoba sejumlah upaya mendapatkan hadiah atas informasinya soal Osama bin Laden setelah pemimpin Al Qaeda itu tewas pada 2011 tidak mendapatkan tanggapan.

"Tuan Lee secara tepat memberikan informasi lokasi keberadaan seorang teroris yang paling dicari di masa itu," demikian isi surat kuasa hukum Lee.

"Seseorang yang bertanggung jawab atas serangan WTC, aksi teroris paling menghancurkan di tanah Amerika, dan sejumlah serangan lain terhadap Amerika," masih isi surat Lee.

Melalui surat elektronik yang dikirimnya kepada harian The Grand Rapids Press,  Lee mengatakan, dia tidak memahami mengapa Pemerintah AS membutuhkan waktu hingga delapan tahun untuk menyergap Osama.

Pemerintah AS memang menjanjikan hadiah bagi siapa pun yang memberikan informasi yang bisa membuat Osama tertangkap. Hingga saat ini FBI belum memberikan komentar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.