Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Kerja, Banyak Manula Australia Didiskriminasi

Kompas.com - 04/11/2013, 14:57 WIB
Data Biro Statistik Australia menunjukkan, sepertiga dari kaum lanjut usia (manula) yang mencari pekerjaan mengalami diskriminasi. Mereka umumnya disambut dengan pernyataan bahwa "mereka sudah terlalu tua".

Sebanyak 68 persen dari semua keluhan diskriminasi usia yang diajukan ke Komisi HAM dan Persamaan Hak di Australia menyangkut soal pekerjaan.

"Kita kehilangan lebih dari 10 miliar dollar karena banyak orang yang menganggur, yang sebenarnya dapat dipekerjakan kalau tidak mendapat diskriminasi usia," kata Komisioner Diskriminasi Usia, Susan Ryan.

Ryan mengatakan, dampaknya bukan hanya buruk bagi individu. "Ini merupakan bencana nasional," katanya.

Saat ini orang Australia hidup lebih lama dari sebelumnya, dan membebani pemerintah yang harus memberi mereka tunjangan.

Angka statistik yang dirilis pekan ini menunjukkan, terdapat 140 ribu penganggur berusia antara 50 dan 64 tahun, dan mereka merupakan penerima tunjangan.

"Orang-orang ini dapat dan seharusnya bekerja dan memberi kontribusi," kata Ryan.

Jumlah orang yang bekerja setelah pensiun telah meningkat selama 10 tahun terakhir, dan diprediksi akan terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com