Kompas.com - 04/11/2013, 08:03 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BANGKOK, KOMPAS.com - Sedikitnya enam orang dipastikan meninggal dunia setelah kapal feri yang mereka tumpangi tewas, di perairan Pattaya, Thailand, Minggu (3/11/2013) malam. Kapal itu ditumpangi sekitar 150 orang saat kejadian, dengan mayoritas adalah turis asing. Penyebab kecelakaan belum diketahui.

Kepala Polisi Pattaya Kolonel Suwarn Chiewnawintawat, korban meninggal adalah tiga warga Thailand, seorang warga China, dan dua orang yang belum diketahui kewarganegaraannya. "15 penumpang lainnya juga mengalami cedera serius," kata dia.

Ferry yang terdiri atas dua dek ini diduga mengangkut penumpang melebihi kapasitasnya. Ketika terjadi gangguan mesin, penumpang yang panik bergeser ke satu sisi kapal, memicu tenggelamnya kapal.

Kepada media, Suwarn membantah masih ada penumpang terjebak di dalam kapal yang tenggelam. "Semuanya 150 orang sudah dipindahkan dari kapal," tepis dia. Pattaya dikenal sebagai kawasan wisata dengan kehidupan malam yang menyediakan banyak bar dan penginapan murah.

Sejumlah isu tengah menerpa kawasan wisata Thailand. Pada Mei 2013, misalnya, lebih dari 100 turis diselamatkan setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelar di perairan Phuket karena dihantam ombak. Empat turis juga tewas dalam insiden kebakaran di Phuket pada Agustus 2012. Belum lagi sejumlah laporan tentang pembunuhan turis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.