Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Taliban Pakistan Tewas

Kompas.com - 02/11/2013, 12:08 WIB

KOMPAS.com
 — Pemimpin kelompok Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud, tewas akibat serangan pesawat tanpa awak milik AS, Jumat (1/11/2013). Hal ini disampaikan seorang pejabat tinggi Taliban kepada BBC. Serangan pesawat tanpa awak itu mengenai kendaraan yang ditumpangi Mehsud di wilayah Waziristan Utara, Pakistan.

Sumber intelijen juga menyebutkan, empat orang lain tewas dalam serangan tersebut, termasuk dua pengawal Mehsud. Hakimullah Mehsud dilaporkan tewas sehari sebelum pejabat Pakistan menjadwalkan mengirim tim untuk memulai perundingan damai dengan Taliban.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Chaudhry Nisar mengatakan kepada saluran berita TV lokal, Geo, bahwa serangan ini seperti upaya untuk menyabotase pembicaraan damai dengan Taliban Pakistan. Pemerintah Pakistan telah mengeluarkan pernyataan mengutuk serangan tersebut dan menyebutnya sebagai pelanggaran atas kedaulatan Pakistan.

Sementara itu, seorang pejabat intelijen senior AS mengatakan kepada AP bahwa AS menerima konfirmasi bahwa Mehsud telah tewas pada Jumat pagi.

Tampil di video

Namun, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS mengelak untuk memberikan konfirmasi resmi.

"Kami tidak dalam posisi untuk mengonfirmasi laporan tersebut, tetapi jika benar, ini akan menjadi kerugian besar bagi Taliban," katanya.

Mehsud diyakini sebagai pimpinan Taliban Pakistan yang paling dicari. Dia telah berulang kali dilaporkan tewas sebelumnya, tetapi tanpa konfirmasi. Wartawan diplomatik BBC, James Robbins, mengatakan, walaupun kematian Mehsud mungkin akan melemahkan Taliban, mereka akan kembali dengan pemimpin baru.

Hakimullah Mehsud mulai dikenal pada 2007 sebagai komandan di bawah pimpinan Taliban Baitullah Mehsud. Mereka berhasil menangkap 300 tentara Pakistan. Pada bulan Januari 2010, dia makin dikenal setelah tampil di video bersama seorang warga Jordania yang disebut telah melakukan aksi bom bunuh diri hingga menewaskan tujuh agen CIA di Afganistan.

Saat berusia 30 tahun, Mehsud dipercaya menjadi pemimpin Taliban di Pakistan pada 2009 setelah Baitullah Mehsud juga tewas dalam serangan pesawat tanpa awak milik AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com