Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Bandara Los Angeles, Ini Kronologi dan Pelakunya...

Kompas.com - 02/11/2013, 06:48 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Kronologi penembakan di bandara internasional Los Angeles, Amerika Serikat, yang mengacaukan penerbangan negara itu, satu per satu diungkapkan otoritas setempat. Pelaku pun diidentifikasi sebagai warga negara Amerika berusia 23 tahun yang tercatat sebagai penduduk Los Angeles.

"Kami khawatir tentang penembakan itu, tapi saya akan membiarkan para penegak hukum menanganinya," kata Presiden Amerika Barack Obama kepada wartawan, seusai menjamu Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki, di Gedung Putih, Jumat (1/11/2013) petang waktu setempat. Insiden penembakan ini memang dilaporkan segera ke Obama setelah kejadian.

Seorang pria bersenjata yang diyakini hanya seorang diri menyerbu masuk ke terminal bandara yang dipenuhi calon penumpang. Seorang petugas keamanan penerbangan (TSA) bandara tewas dan setidaknya enam orang yang lain terluka.

Penembakan itu langsung memicu kepanikan dan kekacauan di salah satu bandara tersibuk di dunia itu. Para calon penumpang berhamburan meninggalkan bandara, sebagian bersembunyi di bagian yang menurut mereka aman di dalam bandara.

Seluruh penerbangan dari dan ke bandara tersebut dihentikan total. Lalu lintas di sekitar bandara pun ditutup.

Kronologi

Kepala Kepolisian Bandara Internasional Los Angeles, Patrick Gannon, mengatakan, pelaku mendatangi terminal 3 bandara itu, Jumat pagi. Pelaku tiba-tiba mengeluarkan senapan serbu dan melepaskan tembakan.

Sesudah melepaskan tembakan yang menewaskan satu petugas keamanan dan melukai beberapa orang lain itu, pelaku tersebut melenggang melewati gerbang pemeriksaan dan berjalan ke area foodcourt. Petugas kemanan yang melacaknya mendapatkan pelaku di sana.

"Ada Burger King yang cukup jauh dari pos pemeriksaan bandara," sebut Gannon tentang lokasi penangkapan pelaku. Tersangka itu sudah ditahan setelah ditembak di lokasi tersebut.

Seorang juru bicara FBI mengidentifikasi tersangka adalah Paul Anthony Ciancia (23), penduduk Los Angeles. Beberapa sumber menyebutkan Ciancia juga terlacak tercatat di New Jersey dan ada informasi bahwa polisi sedang meminta surat perintah untuk menggeledah rumah masa kecil Ciancia di Pennsville.

Sementara badan administrasi keamanan bandara (TSA) memastikan satu petugasnya tewas dalam insiden ini. Petugas yang tak disebutkan identitasnya itu adalah korban tewas pertama saat menjalankan tugas di badan itu.

Juru bicara kantor koroner Los Angeles mengatakan, satu korban tewas sedang mereka tangani dari insiden di bandara. Korban itu disebutkan sebagai lelaki berusia 40 tahun.

Belum ada konfirmasi apakah korban di kantor koroner itu adalah petugas TSA yang dipastikan menjadi korban tewas. Sumber anonim Reuters mengatakan, penyelidikan juga diarahkan apakah penembakan dilakukan dengan target yang sudah ditentukan atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com