Kompas.com - 01/11/2013, 14:20 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
SINGAPURA, KOMPAS.COM - Kelompok hacker atau peretas yang menyebut dirinya Anonymous meneror pemerintah Singapura. Dalam video yang dirilis di Youtube, peretas yang mengenakan topeng Guy Fawkes itu mengancam perang terbuka akan terjadi jika pemerintah negeri jiran itu memutuskan untuk tetap membatasi kebebasan beropini di internet.

Yahoo Singapura melaporkan, Sampai Jumat siang ini, sejumlah situs penting telah berhasil dijebol. Di antaranya, situs web komite kawasan Ang Mo Kio (konstituensi Perdana Menteri Lee Hsien Loong), situs web Community Foundation Partai berkuasa, Partai Aksi Rakyat (PAP). Terakhir, peretas menjebol dan menuliskan ancaman di situs web harian terbesar Singapura, Straits Times.

“Tujuan utama kami adalah memerotes regulasi konyol terhadap internet.”



Tidak ada sedikit pun ketakutan dari sosok ‘Messiah” dalam pernyataannya di video itu. “FBI dan NSA saja sudah kami kalahkan, apalagi institusi intelijen dan keamanan Singapura yang tidak ada apa-apanya bagi kami”.

Messiah menegaskan tidak ada pemerintah dunia manapun yang berhak untuk membatasi kebebasan beropini penduduknya. Messiah juga mengecam pemerintah Singapura yang dinilai telah mengabaikan warganya. Dia meminta pada tanggal 5 November, seluruh warga Singapura menggelar protes besar-besaran dengan mengenakan busana merah dan hitam.

Messiah menegaskan, "Jangan macam-macam, bayangkan jika kami menyerang dan menghancurkan infrastruktur negara kecil ini. Singapura akan menenggelamkan dirinya ke kolam berisikan piranha.”

Pemerintah Singapura telah menaikkan status waspada menyusul serangan siber ini. Investigasi besar-besaran saat ini dilakukan untuk membongkar identitas grup dan mencegah penjebolan situs web berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.