Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupert Murdoch Puji Hubungan Abbott dengan Indonesia

Kompas.com - 01/11/2013, 08:57 WIB
Konglomerat media Rupert Murdoch menyambut baik adanya perubahan orientasi Australia dari sebuah negara "elitisme yang berpandangan sempit dan menyesakkan", seiring terpilihnya Perdana Menteri Tony Abbott.

Saat berbicara pada kuliah tahunan Lowy Lecture, Kamis (31/10/2013), Murdoch menyoroti adanya nilai agama dalam diri PM Abbott ketika mengemukakan bagaimana "sikap sok berkelas" di Australia pernah mendiskriminasi umat Katolik.

"Beruntung, Australia bangkit dari awal mula kolonial menjadi sebuah negara yang memiliki kebanggaan, sebuah bangsa yang berhasil mengatasi prasangka masa lalu," kata Murdoch dalam ceramah yang diadakan di gedung balaikota Sydney.

"Contohnya, banyak yang mungkin masih ingat ketika orang Katolik jarang ada di kabinet pemerintahan Liberal. Masa seperti itu sudah berlalu. Perdana Menteri Tony Abbott buktinya," katanya.

Dalam pidato yang mencakup berbagai hal, Murdoch mengatakan, PM Abbott "benar sekali" menominasikan Indonesia sebagai salah satu mitra terpenting Australia karena besarnya dan jaraknya yang dekat dengan Australia.

Ia juga mendesak "hubungan yang bersahabat dan terbuka" dengan China, tetapi mengisyaratkan keprihatinan tentang kemungkinan penyusutan ekonomi di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com